#OjoSambat

Ojo sambat adalah istilah bahasa Jawa yang akhir-akihir ini lagi jadi trending di kalangan saya. Secara harafiah artinya dalam bahasa Indonesia adalah jangan mengeluh.

Dalam hidup ini nggak semuanya akan sesuai dengan keinginan kita. Kecuali kamu adalah Tony Stark yang pintar, ganteng, dan kaya raya, maka sepanjang hidup kita mungkin akan banyak menghela napas karena banyak hal yang kita inginkan di dunia ini nggak akan pernah tercapai.

Kalau sudah begitu kita tinggal pilih, apakah kita mau mengeluh dan menyalahkan orang lain akan keadaan kita, atau mau berjuang dan mencoba meraih yang kita inginkan tanpa ada garansi akan tercapai.

Saya banyak merenung belakangan ini mengenai banyak hal. Intinya, setiap hal yang terjadi dalam hidup ini, kalau nggak bisa kita ubah ya lebih baik berusaha melapangkan dada dan menerimanya. Menurut saya bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang adalah pilihan terbaik. Kita masih dikasih hidup sehat sama Tuhan YME, ya bersyukur. Kita masih punya orang tua yang bisa dikunjungi di hari libur nanti, ya bersyukur. Masih bisa dapet pekerjaan yang banyakan nganggurnya, ya bersyukur. Masih bisa makan walaupun biaya makannya lebih mahal dari di rumah, ya bersyukur.

Well, it’s hard but it’s worth to try. Dan terakhir, #OjoSambat!

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: