Tie A Yellow Ribbon Round The Ole Oak Tree

♫♫♫
I’m coming home I’ve done my time
Now I’ve got to know what is and isn’t mine
If you receive my letter tellin’ you I’d soon be free
Then you’ll know just what to do, if you still want me, if you still want me.

Tie a yellow ribbon ’round the ole oak tree
It’s been three long years, do you still want me?
If I don’t see a ribbon, round the ole oak tree
I’ll stay on the bus, forget about us, put the blame on me
If I don’t see a ribbon ’round the ole oak tree

Bus driver, please look for me
Cause I couldn’t bear to see what I might see
I’m really still in prison, and my love, she holds the key
Simple yellow ribbon’s what I need to set me free
I wrote and told her please..

Now the whole damn bus is cheering and I can’t believe I see
A hundred yellow ribbons ’round the ole oak tree
♫♫♫

Lagu yang sangat sangat indah menurut saya. Saya pertama kali mendengarnya saat menonton film Our Idiot Brother yang dibintangi Paul Rudd, Elizabeth Banks, Zooey Deschanel, dan Emily Mortimer. Film ini bercerita tentang Ned (Paul Rudd), seorang lelaki bodoh dan 3 saudarinya. Dimana Ned, karena kebodohannya, menimbulkan banyak masalah untuk dirinya dan juga saudari-saudarinya.

Lagu ini dimainkan pada scene dimana Ned keluar penjara. Dengan beat yang asik dan gaya Ned yang juga asik pada scene itu, saya pun langsung tertarik dengan lagu ini. Saya cari judulnya pada credit film dan langsung saya cari di internet. Dapat. Saat membaca liriknya saya makin jatuh cinta. Tie A Yellow Ribbon Round The Ole Oak Tree bercerita tentang seseorang yang baru keluar dari penjara setelah 3 tahun menjalani masa hukuman. Dia tidak begitu yakin kekasihnya akan menerimanya kembali dan meminta kekasihnya–melalui surat–untuk memberinya sebuah tanda berupa pita kuning yang diikat pada pohon oak di rumah mereka. Apabila dia melihat ikatan pita kuning di pohon oak maka dia akan menganggap itu sebagai tanda bahwa sang kekasih mau menerima kembali. Jika tidak, dia tidak akan turun dari bus dan lanjut terus. (Dan di akhir lagu kita tahu bahwa ternyata si mantan narapidana tersebut melihat 100 pita kuning yang terikat pada pohon oak.)

Romantis bukan?

Lagu ini merupakan single yang dibuat pada tahun 1973 dan ternyata sempat menjadi hits saat itu. Amerika Serikat, UK, Australia, adalah beberapa negara yang chart tangga lagunya sanggup dikuasai. Versi aslinya dinyanyikan oleh Dawn featuring Tony Orlando. Hingga sekarang banyak musisi yang telah meng-cover lagu ini. Mulai dari Johnny Carver, Jim Nabors, Frank Sinatra, Domenico Modugno yang seorang penyanyi Italia, Connie Francis yang seorang penyanyi Australia, Shinee yang boyband Korsel, dan saya juga banyak melihat coveran banyak artis-artis YouTube lainnya. Untuk film Our Idiot Brother, yang digunakan adalah coveran versi Erick D. Johnson.

Pita kuning adalah merupakan simbol penantian. Menurut budaya asli orang barat sana, para istri mengikatkan pita kuning di rambut sebagai tanda mereka sedang menanti suami mereka pulang dari perang. Semakin kesini maknanya meluas menjadi penantian akan kepulangan para suami dari penjara. Dan terakhir, Gooners di barat sana membuatnya menjadi chants, yang berjudul She Wore A Yellow Ribbon.

Baiklah, kalo temen-temen kebetulan lagi penasaran dengan lagu Tie A Yellow Ribbon Round The Ole Oak Tree, yuk kita buffer bersama-sama!

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: