Penyakit Hati: Iri

Sial, kenapa dia yang dapet sih?

Dan kenapa juga aku harus tau kalo dia dapet?

Iri, menurut KBBI adalah perasaan kurang senang melihat kelebihan orang lain (beruntung dsb.); cemburu; sirik; dengki. Setiap orang, kalian para pembaca, termasuk saya, pasti pernah merasa iri. Iri adalah penyakit hati yang amat berbahaya. Bisa menyebabkan kita kurang makan, sesak napas, dan darah tinggi.

Seminggu belakangan ini perasaan iri tersebut menguasai diri saya. Menyebabkan saya sering diam merenung di pojokan. Melihat teman yang punya rejeki tertentu yang saya harusnya juga bisa dapat tapi ternyata tidak dapat, itu sangat menyiksa. Bikin stres. Mungkin itu jadi salah satu penyebab beberapa hari yang lalu kondisi fisik saya agak drop, selain karena memang kurang istirahat. Coba kalo dapet rejeki itu nggak usah saya tau, atau kalo kira-kira mau dapet rejeki nggak usah diterima di depan saya, terimanya tunggu saya sudah pergi sajalah. Kan enak kalo gitu….

Entahlah, mungkin kelihatan childish, atau pathetic, tapi kalo dipikir-pikir itu sebenarnya manusiawi. Merupakan kodrat manusia untuk merasa iri.

eyes-72

Melihat ke belakang, saya pikir saya kurang merasa bersyukur. Saya tidak lebih miskin sebenarnya dari teman-teman saya. Karena miskin dan kaya itu tidak dilihat dari uang saja. Keluarga, teman, keahlian atau skill, itu semua merupakan harta yang tidak ternilai dengan uang. Hal pertama yang saya lakukan dalam kondisi krisis ini adalah menelpon keluarga, mungkin sudah agak lama saya nggak dengar suara mereka sehingga saya agak lupa siapa saya. Gitar yang agak berdebu di pojok kamar saya itu juga sepertinya seru untuk dimainkan, sudah lebih 2 bulan sejak terakhir kali saya memegang gitar itu. Intinya saya harus menata dan mengingat-ingat lagi harta apa yang saya punyai dan terlupakan selama ini.

Rejeki sudah ada yang mengatur. Yang Maha Mengatur pun tentu nggak pingin kita hidup tidak berkecukupan karena kita adalah anak-anak yang dikasihi-Nya.

Salam. Selamat pagi dan selamat hari Minggu!🙂

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: