Samapta

Samapta atau lengkapnya Diklat Teknis Umum Kesamaptaan adalah suatu diklat yang wajib diikuti oleh seluruh pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dengan mengikuti Samapta, seorang pegawai Bea Cukai akan memiliki kecakapan-kecakapan tertentu yang akan berguna dalam melaksanakan tugas pekerjaannya sehari-hari di Bea Cukai. Kecakapan-kecakapan tersebut antara lain jiwa korsa, kedisiplinan, keuletan, semangat, patuh pada perintah atasan, dan lain sebagainya. Tentu apabila kecakapan tersebut mampu diterapkan dalam tugas keseharian, para pegawai akan semakin cepat melesat karirnya. Amin.

Saya dan empat orang teman seangkatan dipanggil untuk melaksanakan Samapta di Makassar. Bukan di Balikpapan tempat kami bekerja, atau Pusdiklat Bea Cukai Jakarta tempat Prodip III angkatan-angkatan di atas kami melaksanakan Samapta. Dan itu tidak jadi masalah karena kami jadi bisa jalan-jalan gratis di Makassar dengan tiket pesawat dibayarin. Huehehe.

Selama lima minggu mengikuti Samapta kami tidur di barak yang telah disediakan Batalyon Komando 466 Paskhas Lanud Hasanuddin, dengan fasilitas super mewah a la tentara. Banyak kegiatan dan pengalaman baru yang kami dapatkan disana. Seperti raffling, flying fox, main LCR atau Landing Craft Rubber atau perahu karet, menembak (beserta bongkar pasang dan membersihkan senjata), bela diri militer, haling rintang, curving, dan lain-lain. Dan semuanya seru, semuanya tak terlupakan.

Di dalam melaksanakan diklat Samapta ini kami melaksanakan juga kegiatan tes samapta a la tentara yang merupakan suatu tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan fisik kita. Dalam tes samapta yang dites antara lain lari 2400 m, pull up atau restock, push up, dan sit up. Tes samapta dilaksanakan dua kali, yang pertama pada minggu pertama, yang kedua pada minggu kelima. Tujuannya adalah untuk mengukur apakah ada peningkatan kemampuan fisik kami selama 5 minggu mengikuti diklat Samapta. Dan ternyata memang ada peningkatan yang cukup signifikan.

Justru kalau tidak ada peningkatan yang signifikan, maka bisa dipastikan orangnya adalah orang penyakitan. Bagaimana tidak, setiap hari larinya 3 kali: pagi-siang-malam, ditambah push up, sit up, dan senam ngeselin (macam senam senjata, senam para, senam taktis, dan lain-lain). Belum lagi ditambah tindakan dari pelatih bagi setiap kesalahan yang diperbuat. Sudah pasti badan jadi kencang dengan sendirinya.

Satu lagi keuntungan yang kami dapat dengan dikirimnya kami Samapta di Makassar. Selain bisa jalan-jalan gratis, kami juga bisa kenal masyarakat baru dari timur. Jadi kalo nanti ada kesempatan liburan ke Raja Ampat (amin!) sudah tahu harus menghubungi siapa disana. Huehehe. Papua, Ambon, dan Makassar sendiri. Mereka unik dengan gayanya masing-masing. Rata-rata teman-teman yang dari timur adalah orang yang ceplas-ceplos. Apa yang dipikirkan, langsung diutarakan. Tapi itu sebenarnya bagus, karena itu artinya mereka adalah orang yang jujur dan apa adanya.

Oh, satu hal lagi yang tak terlupakan adalah melihat ibu-ibu istri anggota yang sering ngumpul sore-sore di batalyon. Sungguh segar, di kala capek dan lelah mengikuti kegiatan seharian dan terus-terusan ngobrol dengan sesama peserta yang isinya cowok semua, saat istirahat sore bisa ngeliatin, dan kalo beruntung bisa ngobrol sama para ibu-ibu muda yang murah senyum itu. Huehehe.

Samapta tidak melulu penuh dengan penderitaan dan penyiksaan, tentu ada kala tertawa dan kejadian-kejadian konyol yang terjadi disana. Semuanya berkesan. Semuanya nggak akan mudah terlupakan. Semoga apa yang kami dapat selama mengikuti Samapta dapat kami ingat dan kami praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk yang belum mengikuti Samapta, sabar saja. Cepat lambat nanti akan dipanggil juga. Yang penting saat dipanggil fisik kita dan terutama mental sudah siap. Kalo belom siap ya berarti siap-siap dengan “mekanisme pelatihan” yang sudah disiapkan pelatih.

Salam.

Komando!

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: