Di Suatu Malam Menjelang Tidur…

… saya menjadi tempat abang saya curhat.

Abang-sepupu saya ini sering cerita-cerita dengan saya tentang berbagai macam hal. Malam itu yang dia ceritakan adalah tentang atasannya yang njengkelin. Kebanyakan tentang keburukan atasannya seolah-olah cuma keburukan yang bisa dilakukan atasannya.

Yang paling bikin jengkel dari si atasan, kata abang saya, adalah kebanyakan apa yang dia perintahkan kepada bawahannya sebenarnya merupakan hal yang remeh-remeh dan bersifat pribadi. Bayangkan hal paling remeh dan gak penting, apa saja, kemungkinan besar itu sudah pernah keluar dari mulut atasannya. Ini sama dirasakan semua bawahan si bapak atasan abang saya ini. Tidak hanya pegawai baru tapi juga pegawai lama, asalkan masih berstatus bawahan. Ini bukan jenis perintah sebagai wujud hukuman. Bukan. Karena kalau bapak atasan mau menghukum, bentuknya berupa hukuman push-up, katanya. Entah motivasinya untuk ngerjain atau untuk menyiksa, tapi ini begitu alami. Entah apa maksud alami abang saya ini. Mungkin untuk menggambarkan bahwa itu adalah sifat beliau dari lahir. Katanya sambil bercanda, mungkin beliau adalah anak bungsu, yang sering ditindas oleh saudara-saudaranya yang lebih tua sehingga ketika dewasa sifat penindasnya muncul. Atau mungkin dia sering dibully di sekolahnya dulu sehingga sekarang berbalik ingin mem-bully orang. Haha. Saya tertawa saja mendengar celotehan abang saya.

Saya yang masih kecil dan belum mengerti tentang dunia kerja dibuat jadi takut oleh abang saya. Takut kalau nanti bekerja dapat atasan yang njengkelin kayak dia. Maka dari itu saya dulu pengennya jadi anak band saja, selain yang dikerjakan merupakan hobi, jadi anak band juga gak ada atasannya. Tapi apa daya, sekarang malah kecebur jadi PNS saja.

Yah, semogalah di tempat saya bekerja sekarang tidak ada atasan yang sepeti diceritakan abang saya itu. Oh, wait…..

Leave a Reply

