Hari #3: Titik Terang

Saya barusan membaca tulisan menarik di Kompasiana yang dipost oleh seorang yang menggunakan nama pena Sang Pengamat. Topik dari tulisan tersebut adalah mengenai penerimaan negara yang tercantum di APBN yang bersumber dari dua direktorat di bawah naungan Kementerian Keuangan yaitu Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC).

Dijelaskan bahwa masih terdapat beberapa kesalahan dalam pengakuan penerimaan negara terutama dalam sektor pajak. DJP mengklaim beberapa penerimaan pajak yang sebenarnya dipungut oleh lembaga lain. Beberapa penerimaan tersebut seperti pajak-pajak impor (PPN Impor, PPh Impor, PPnBM Impor) yang dipungut oleh DJBC serta Pajak Bumi dan Bangunan dan BPHTB yang dipungunt oleh Pemerintah Daerah.

Tentu saja hal ini mengakibatkan terdongkraknya penerimaan DJP. Dan konsekuensi logisnya adalah terdongkraknya gaji dan tunjangan para pegawai DJP.

Akibatnya tentu bakal ada kecemburuan dari direktorat lain di lingkungan Kementerian Keuangan. DJBC, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Badan Kebijakan Fiskal, dan lain-lain. Teruma adalah DJBC yang memiliki risiko pekerjaan jauh lebih tinggi. Bahkan hingga bertaruh nyawa.

Ini adalah pekerjaan rumah bagi pucuk-pucuk pimpinan di Kementerian Keuangan. Tidak seharusnya terdapat kesenjangan yang cukup signifikan antara pegawai DJP dan non-DJP. Hal ini apabila dibiarkan akan menghambat tercapainya pemenuhan tugas-tugas pokok Kementerian Keuangan. 

[Sumber: Kompasiana]

(Mohon maaf atas keterlambatan postingan yang seharusnya tiap dua hari sekali. Ternyata saya masih lemah.)😦

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: