Hari #4: Mendadak Liburan – Part I

Hari Senin malam itu surat perintah pengambilan sumpah/janji PNS dari pusat keluar di situs intranet. Untuk para pegawai yang status kepala Kanwilnya masih PLT (Pelaksana Tugas), pengambilannya sumpah/janji PNS-nya dilaksanakan di pusat. Nama-nama kami satu kantor tercantum semua di sana, termasuk yang sedang mengambil cuti. Kasihan, karena pengambilan sumpah/janji ini cuti mereka harus terpotong.😀

Acara pengambilan sumpah/janji dilaksanakan hari Kamis. Karena sangat mepet acaranya, segala persiapan pun dilakukan dengan mendadak-mendadak juga. Termasuk membeli tiket, cari hotel, dan sebagainya, dan lain-lain. Hari Rabu siang kami berangkat menuju Jakarta. Di sana macet sudah menunggu. Supir taksi yang kami tumpangi sepertinya belum lama menjalani profesinya, pilihan rutenya tidaklah bagus. Perjalanan dari bandara menuju hotel yang seharusnya bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam menjadi melar hingga hampir 3 jam. Hiks. Akibatnya begitu sampai di hotel, kami tidak jadi berkunjung-berkunjung, langsung saja istirahat.

Kamis, 13 Maret 2015, hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, hari pengambilan sumpah/janji PNS bagi angkatan saya. Kami sudah berkumpul di aula gedung Irian Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sejak pukul 6.30 WIB. Sungguh menyenangkan bertemu teman-teman yang sudah lama tidak ditemui. Bercanda, bersalaman, berpelukan, foto-foto, blablabla-blablabla…. J

Acara dimulai pukul 7.30 WIB. Para pegawai dibariskan dan dikelompokkan sesuai agama masing-masing. Pengambilan sumpah/janji dipimpin langsung oleh direktur jenderal, Bapak Agung Kuswandono. Setelah selesai pengambilan sumpah/janji, Pak Agung langsung meninggalkan gedung aula karena ada kepentingan lain. Untuk acara salam-salaman dengan para pegawai sendiri hanya dilakukan oleh para pejabat-pejabat teras di lingkungan DJBC.

Selesai acara, kami makan siang bersama satu angkatan. Sedih sebenarnya karena personel tidaklengkap. Teman-teman dari Kanwil yang kepala Kanwilnya ada alias tidak pakai Plt seperti Kanwil Sumatera Utara, Kanwil Banten, Kanwil Sulawesi, Kanwil Bali NTT NTB, serta mereka yang sedang melaksanakan DTU Kesamaptaan, mereka semua tidak ikut berkumpul bersama-sama kami. Total hanya 42 orang yang hadir dan 35 orang yang ikut foto bersama. Entah kapanlah bisa kumpul personel lengkap.

Cuma Setengah

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: