Hari #7: I Love Adzan Subuh

Suara adzan subuh yang keluar dari toa-toa masjid adalah suara berisik pertama yang akan kita dengar jika kita begadang atau tidak tidur semalaman. Suara yang dengan gagahnya memecah kesunyian malam. Suara yang menandakan bahwa kegelapan malam sudah berakhir dan sinar matahari sebentar lagi akan menyongsong. Mengingatkan kita untuk menyambut hari baru.
Bagi yang beragama Muslim begitu mendengar adzan subuh tentu harus segera bersiap-siap untuk sholat subuh. Bagi yang tidak, seperti saya juga, cukup mendengarkan suara adzan sampai selesai. Karena suara itu begitu keras dan tidak bisa di-mute.

Dulu waktu masih kuliah, saya sering tertolong oleh suara adzan subuh yang membangunkan saya. Terutama di musim ujian semester. Saat itu saya terbiasa dengan budaya SKS atau Sistem Kebut Semalam. Mata pelajaran yang akan diujikan hari itu–biasanya ada dua mata pelajaran–akan saya pelajari di malam hari dan dilanjut saat subuh. Belajar di waktu subuh sangat enak karena suasana sangat sunyi dan tenang. Tidak ada gangguan suara tv atau suara orang ngobrol. (Untuk adik-adik yang masih sekolah atau kuliah jangan ditiru ya, belajar yang baik itu mesti setiap hari.) 

Sekarang kalau mendengar suara adzan subuh, saya suka membayangkan banyak hal. Bagaimana hari yang baru ini akan dilewati, mulai dari orang-orang yang akan ditemui, hal-hal yang akan kita lakukan, janji-janji yang telah kita buat dan sebagainya. Saya juga suka membayangkan keluarga, percakapan terakhir saya dengan orang-orang di rumah, suasana rumah waktu terakhir saya pulang, saya juga suka mengkhayalkan hal-hal yang tidak pernah saya capai dalam hidup saya, mengingat-ingat mantan juga (eh), dan banyak hal lainnya.

Adzan subuh adalah sesuatu yang unik bagi saya. It’s religious in its own way.

Tagged: ,

Leave a Reply

